Skip to content

Trik Menghilangkan Baret Halus, Bodi Mobil

JAKARTA – Kian hari kondisi jalanan Ibukota semakin ruwet. Saling menyalip di tengah kemacetan bukan hal tabu lagi. Bodi mobil baret karena bersenggolan dengan kendaraan lain, terutama motor, kerap terjadi di jalan (Gbr.1).

Namun, enggak usah panik atau emosi. Karena baret-baret di permukaan bodi mobil sebenaarnya bisa diatasi sendiri di rumah dan dengan peralatan serta bahan yang tidak terlalu menguras fulus (uang).

“Kalau hanya sekedar baret halus dan tidak dalam, tinggal poles saja dijamin baretnya tak terlihat lagi,

Peralatan yang diperlukan cukup murah dan mudah didapat. Tinggal siapkan saja kain halus dan compound yang harganya tak lebih dari Rp 10 ribu (Gbr.2). Sudah siap semua? Mari kita praktikkan.

Pertama, “Oleskan secukupnya compound pada bagian yang lecet menggunakan kain halus. Agar hasilnya maksimal, poles dengan teknik memutar searah atau berlawanan arah jarum jam,” saran Anom dari Sentosa Car Wash & Salon yang berlokasi di Lubang Buaya, Jaktim (Gbr.3).

Jika baret atau lecet masih membandel (agak dalam), ulangi memolesnya lagi dengan compound. Setelah mulus, lalu bersihkan.

Gunakan bagian kain yang masih bersih dan kering untuk membersihkan. Setelah dipoles pakai compound, biasanya bodi tampak kering, nah sebaiknya setelah dipoles segera lakukan finishing.

“Untuk finishing bisa menggunakan wax, cara pakainya sama seperti mengoleskan compound,” tambah Anom (Gbr.4). Wax ini bertujuan untuk melicinkan bodi mobil sekaligus dapat melindungi bodi dari goresan.

Namun, berhubung harga wax cukup mahal, maka ini bukanlah perlengkapan wajib. “Pakai compound juga sudah cukup, yang penting bodi bisa mulus kembali,” bilang Zaka, mahasiswa S1 Teknik Informatika ini.